SIFAT-SIFAT LIMBAH

SIFAT-SIFAT LIMBAH
            Metode penanganan dan pembuangan limbah yang telah berhasil dilakukan untuk limbah industri lain belum tentu berhasil diterapkan pada limbah pertanian, kecuali bila dimodifikasi terlebih dahulu. Limbah yang diproduksi oleh industri pertanian bervariasi dalam kiantitas dan kualitasnya.
            Limbah dari industri pangan merupakan limbah yang berbeban rendah,volume cairan tinggi,sedangkan yang berasal dari peternakan cenderung berbeban tinggi tetapi volume rendah.
Pengetahuan mengenai sifat-sifat limbah akan sangat membantu dalam penetapan metode penanganan dan atau pembuangan limbah yang efektiv. Penanganan biologik misalnya cocok dilakukan pada limbah cair yang mengandungbahan padatan organik terlarut. Limbah padat dengan kadar organik tinggi cocok untuk pembakaran atau pemupukan.
            Pada umumnya, dalam air limbah pengolahan pangan, bahan kamba yang membutuhkan oksigen berada dalam bentuk terlarut.
A.Limbah Memiliki 2 Sifat, yaitu Sifat Fisik dan Sifat Kimia.
1.SIFAT FISIK
Sifat Fisik suatu limbah di tentukan berdasarkan;
a.       Alkalinitas, merupakan penyangga (buffer) perubahan PH air dan indikasi yang di ukur dengan kandungan karbonat. Tinggi rendahnya alkalinitas air ditentukan senyawa karbonat, bikarbonat, garam hidroksida, kalium, magnesium dan natrium dalam air. Semakin tinggi kesadahan suatu air semakin sulit air membuih.
b.      Jumlah padatan terlarut, tersupsensi dan total padatan. : pada limbah cair terdapat padatan organic dan nonorganik yang mengendap dan tersuspensi sehingga bisa mengendap dan menyebabkan pendangkalan.
c.       Kekeruhan, kekeruhan menunjukkan sifat optis di dalam air karena terganggunya cahaya matahari saat masuk ke dalam air akibat adanya koloid dan suspensi.
d.      Warna.
e.       Salinitas, adalah Tingkat keasinan atau kadar garam terlarut dalam air. Salinitas juga dapat mengacu pada kandungan garam dalam tanah.
f.       Daya hantar listrik.
g.      Bau, hal ini karenakan karena adanya mikroorganisme yang menguraikan bahan organic.
h.      Temperatur, limbah juga memiliki suhu yang berbeda dibandingkan dengan air biasa, biasanya suhunya lebih tinggi karena adanya proses pembusukan.
2.SIFAT KIMIA
Karakteristik air limbah ditentukan oleh.
a.       BOD, adalah kebutuhan oksigen bagi sejumlah bakteri yang dibutuhkan untuk menguraikan atau mengkondisikan semua zat-zat organic yang terlarut maupun sebagai rersupsensi dalam air menjadi bahan organik yang lebih sederhana.
b.      COD, adalah kebutuhan oksigen yang diperlukan mikroba untuk menghancurkan bahan organic. COD juga merupakan ukuran bagi pencemaran air oleh zat anorganik.
c.       Metan.
d.      Keasaman air, dipengaruhi oleh adanya bahan buangan yang bersifat asam atau basa.
e.       Logam beracun. Cadmium dari industri tekstil, merkuri dari pabrik cat, raksa dari industri perhiasan dan jenis logam berat yang lainnya.
f.       Alkalinitas. Tinggi rendahnya alkalinitas air ditentukan senyawa karbonat, bikarbonat, garam hidroksida, kalium, magnesium dan natrium dalam air. Semakin tinggi kesadahan suatu air semakin sulit air membuih.
g.      Nitrogen, umumnya terdapat sebagai bahan organic dan diubah menjadi ammonia oleh bakteri sehingga menghasilkan bau busuk dan bisa menyebabkan permukaan air menjadi pekat sehingga tidak bisa ditembus cahaya matahari.
h.      Fenol, salah satu bahan organic yang berasal dari industri tekstil, kertas, minyak dan batubara sehingga menyebabkan keracunan.
i.        Chlorida. Chlorida banyak dijumpai dalam pabrik industri kaustik soda. Bahan ini berasal dari proses elektrolisa, penjernihan garam dan lain-lain.
j.        Phosphat. Kandungan phosphat yang tinggi menyebabkan suburnya algae dan organisme lainnya. Phosphat kebanyakan berasal dari bahan pembersih yang mengandung senyawa phosphate
k.      Sulfat. Sulfat dalam jumlah besar akan menaikkan keasaman air. Ion sulfat dapat terjadi secara proses alamiah. Sulfur dioxida dibutuhkan pada sintesa. Pada industri kaustik soda ion sulfat terdapat sewaktu pemurnian garam.
l.        Lemak dan minyak .
m.    Oksigen terlarut.                                                                                                                               sumber:https://belaber33.blogspot.co.id/2013/12/sifat-limbah.html
     maysitim.blogspot.com

menu dropdown

.nav { width: auto; height: 60px; float: left; height: 60px; margin: auto; } .nav ul { list-style: none; display: inline-table; position: relative; padding: 0 20px; background: #006faa; } .nav ul li:hover > ul { display: block; } .nav ul:after { content: ""; clear: both; display: block; } .nav ul li { float: left; } .nav ul li a{ padding: 20px; text-decoration: none; color: #ececec; display: block; cursor: pointer; } .nav ul ul { background: #006faa; border-radius: 0px; padding: 0; position: absolute; top: 100%; display: none; } .nav ul ul li { float: none; border-top: 1px solid #def4ff; border-bottom: 1px solid #def4ff; position: relative; } .nav ul ul li a { padding: 15px 40px; } .nav ul ul ul { position: absolute; left: 100%; top: 0; }

Pages

Blogger templates

About

Mouse Pelangi Wavy Tail

Popular Posts