menjaga kebersihan sekolah

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

Jika ingin sehat hal yang perlu diperhatikan selain menjaga kesehatan diri adalah menjaga kesehatan lingkungan. Dimulai dengan menjaga kebersihan rumah tempat tinggal dengan rajin membersihkan rumah dari debu, kotoran, maupun sampah. Selain rumah, lingkungan tempat tinggal juga harus diperhatikan kebersihannya karena sumber penyakit bisa datang dari mana saja.
Dari kecil kita sudah diajari untuk menjaga kebersihan dengan semboyan kebersihan adalah sebagian dari iman. jika kita tidak memperhatikan kebersihan lingkungan akan banyak masalah yang timbul seperti banjir, diare, penyakit kulit, dan lain sebagainya. Untuk mencegah itu semua berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan demi tercapainya kebersihan lingkungan yang dapat berpengaruh bagi kesehatan Anda sendiri, antara lain:
1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Cara menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya
Mungkin ini terdengar sepele tetapi masih banyak orang yang tidak mengindahkan anjuran untuk membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah disediakan. Jika di jalan Anda memiliki sampah botol plastik atau bungkus permen tetapi tidak menemukan tempat sampah sebaiknya Anda menyimpan sampah tersebut didalam tas sampai Anda dapat menemukan tempat sampah untuk kemudian membuangnya. Lebih baik lagi jika Anda selalu memilah sampah-sampah yang akan Anda buang berdasarkan jenisnya yaitu sampah organik maupun anorganik.

2. Penghijauan
Salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan melakukan penghijauan
Menanam pohon sebanyak-banyaknya di lingkungan tempat tinggal Anda sangat berpengaruh dengan kebersihan lingkungan. Dengan menanam pohon udara akan lebih bersih dari polusi dan tentunya kualitas air dilingkungan tersebut akan semakin baik. Ayo sukseskan penghijauan karena saat ini banyak sekali pohon-pohon yang dimana lahannya digunakan untuk membangun perumahan atau pertokoan tanpa menanam pohon kembali.
3. Menjaga Kebersihan Rumah
Salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan menjaga kebersihan rumah
Kebersihan rumah juga harus diperhatikan dengan cara rutin menguras dan membersihkan bak penampungan air sehingga tidak dijadikan sarang oleh jentik-jentik nyamuk. Membersihkan rumah dari debu-debu dan kotoran setiap harinya. Perhatikan juga kebersihan alat-alat masak dan minum yang ada.
4. Kerja bakti
Melakukan kerja bakti merupakan salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan
Anda dapat bekerja sama dengan warga lingkungan Anda untuk membuat jadwal kerja bakti rutin setiap minggunya dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan Anda. Hal itu bisa dimulai dengan membersihkan sampah-sampah yang menyumbat di got serta sampah plastik yang berserakan untuk mencegah meluapnya air dari got pada saat hujan. Jika hal ini rutin dilakukan, niscaya selain rumah Anda yang bersih, lingkungan Anda pun akan bersih.
5. Mengolah Sampah Menjadi Kompos
Mengolah sampah menjadi kompos merupakan salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan
Dengan mengetahui teknik pengolahan sampah menjadi kompos ini akan sangat baik sekali untuk mengurangi jumlah sampah di lingkungan Anda serta dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat tentunya. Tetapi yang perlu Anda ketahui hanya sampah organik saja yang dapat diolah menjadi kompos. Cara membuat kompos cukup mudah, pertama yang perlu Anda siapkan adalah wadah untuk pembusukan sampah-sampah tersebut. Wadah itu dapat berupa ember, drum, maupun baskom. Lubangi dasar wadah tersebut dan tanam wadah yang sudah berisi sampah organik tersebut dalam kedalaman 10 cm dari permukaan tanah. Taburi dengan sedikit tanah atau serbuk gergaji secara kontinyu. Anda juga dapat terus menambahkan sampah organik setiap hari hingga wadah terisi penuh. Tunggu hingga 3 bulan lamanya, keluarkan kompos tersebut dan angin-anginkan selama minimal satu minggu. Pupuk kompos siap digunakan.
Demikian itu cara-cara untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga kebersihannya. Selain nyaman tentunya Anda akan tetap sehat jika tinggal di lingkungan yang bersih pula.

menu dropdown

.nav { width: auto; height: 60px; float: left; height: 60px; margin: auto; } .nav ul { list-style: none; display: inline-table; position: relative; padding: 0 20px; background: #006faa; } .nav ul li:hover > ul { display: block; } .nav ul:after { content: ""; clear: both; display: block; } .nav ul li { float: left; } .nav ul li a{ padding: 20px; text-decoration: none; color: #ececec; display: block; cursor: pointer; } .nav ul ul { background: #006faa; border-radius: 0px; padding: 0; position: absolute; top: 100%; display: none; } .nav ul ul li { float: none; border-top: 1px solid #def4ff; border-bottom: 1px solid #def4ff; position: relative; } .nav ul ul li a { padding: 15px 40px; } .nav ul ul ul { position: absolute; left: 100%; top: 0; }

Pages

Blogger templates

About

Mouse Pelangi Wavy Tail

Popular Posts